Kamis, 22 Desember 2016

Solusi mengatasi "Unfortunately, the process android.process.media Has Stopped"

05.01 Posted by TechIdea 3 comments
Menjamurnya ponsel Android sekarang ini diakibatkan karena ponsel dengan sistem operasi android ini mampu mengolah data dengan cepat dan sangat mudah. Interface yang simple dan terlihat keren. Kemudahan aktifitas yang ditawarkan mulai dari mendengarkan musik, menonton video, chatting, sms, telepon, berfoto, menyimpan dokumen dan juga tentunya berinternet.



Tetapi sayangnya akhir-akhir ini ada pengguna yang mengeluh karena masalah yang dihadapinya yaitu Sistem Error yang bertuliskan "Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti" atau "Unfortunately Apps Has Stopped", serta adanya peringatan yang bertuliskan "Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti" atau "Unfornately android.proses.media Has Stopped".

Dalam kesempatan kali ini saya akan coba memberikan solusi dari masalah yang telah dibahas di atas tadi:

SOLUSI mengatasi "Unfortunately, the process android.process.media Has Stopped"


1. HENTIKAN SINKRONISASI DENGAN AKUN GOOGLE

yang pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan cara menghentikan sinkronisasi antara hp anda dengan akun Google. cara ini dilakukan agar hp anda lebih bisa bebas dari Google dan tidak sepenuhnya terkoneksi dengan akun Google anda. Berikut caranya :

  • Buka Menu lalu ke Pengaturan > Akun > Google > Pilih "Remove All The Ticks"

2. HAPUS DATA DARI 3 APLIKASI PENTING GOOGLE

Setelah berhasil mengikuti cara ke 1, anda harus lanjut ke tahap selanjutnya yaitu menghapus data dari Aplikasi Google Service Framework, Google Play Store, Media Store serta Download Manager. Cara ini dilakukan agar aplikasi dari Google dapat kembali pada pengaturan awal dan bersih dari file-file cache, history, dan basis data. Berikut langkah-langkah caranya :
  • Buka Pengaturan > Aplikasi > Pilih Unduhan > cari dan pilih Google Play Store, lalu pilih "Hapus Data"
  • Buka Pengaturan > Aplikasi > Pilih Unduhan > cari dan pilih Google Services Framework, lalu pilih "Hapus Data"
  • Buka Pengaturan > Aplikasi > Pilih Unduhan > cari dan pilih Media Storage, lalu pilih "Hapus Data" dan pilih "Disable"
  • Buka Pengaturan > Aplikasi > Pilih Unduhan > cari dan pilih Download Manager, lalu pilih "Hapus Data" dan pilih "Disable"
3. MATIKAN SMARTPHONE ANDROID ANDA

Setelah melewati cara yang ke 2, selanjutnya ke cara ke 3 yaitu dengan mematikan hp android anda, mencabut baterainya, lalu SIM Card, dan SD Card. diamkan saja dalam beberapa menit lalu nyalakan kembali hp android anda dan lakukan cara berikutnya yaitu dengan mengaktifkan kembali Aplikasi yang di "Disable" di cara ke 2 tadi. yaitu dengan cara meng-Enable-kan nya:
  • Enable Google Sync
  • Enable Media Storage
  • Enable Download Manager
4. FACTORY RESET HANDPHONE ANDROID ANDA

Jika semua cara 1,2, dan 3 tidak berhasil juga maka gunakan cara terakhir ini yaitu dengan mengembalikan Hp android anda ke Pengaturan Awal atau Pengaturan Pabrik. sebelum anda melakukan cara ini patikan anda membeckup dulu semua data yang menurut anda penting di hp android anda ke laptop. Berikut cara reset Android :

  • Buka Pengaturan > Buat Cadangan dan Setel Ulang > Kembali Ke Pengaturan pabrik > lalu Pilih "Reset Ulang Telepon".

Jika dengan cara 1, 2, 3, dan 4 belum juga berhasil maka terpaksa anda lakukan Flashing Ulang pada Hp Android anda. melakukan Flashing Ulang ini cukup sulit karena banyak sistem android yang harus anda unduh sebelum melakukan Flashing, jika merasa kesulitan untuk melakukan Flashing Ulang maka disarankan untuk membawa hp anda ke Service Center terdekat di kota anda. Sekian Artikel solusi dari saya.

3 komentar: