Kamis, 07 September 2017

Solusi Mengatasi HOAX Di Internet!

00.51 Posted by TechIdea No comments


Belakangan ini banyak sekali orang yang meributkan tentang beredarnya berita-berita Hoax (Palsu), terlebih berita tersebut datang nya dari Media Sosial yang sangat mudah untuk di akses semua orang.

Mudahnya Facebook, Twitter, Instagram, dll. Untuk diakses menjadi lahan bagi orang yang menyalahgunakan media sosial tersebut.

Sebenarnya media sosial bukanlah media yang ideal untuk kita mencari berita karena kita cenderung akan mengikuti dan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki pendapat sama dengan diri kita, oleh sebab itu berita yang muncul di tampilan media sosial kita adalah berita yang disukai oleh lingkaran sosial kita.

Namun, mau bagaimana lagi, penelitan yang dilakukan oleh Edelman di Indonesia atau Pew Research di Amerika Serikat menyatakan bahwa saat ini media sosial merupakan salah satu sumber berita utama.

Agar lebih cerdas dalam memilih berita salah satu caranya yaitu  memilih sendiri sumber berita yang ingin dibaca dan tentunya Anda harus dengan sadar memilih situs web yang tidak selalu sependapat dengan pemikiran Anda, tetapi sudah terbutkti terpercaya.

Ada yang berpendapat bahwa jika kita ingin mendapatkan berita yang benar-benar terpercaya yaitu dengan cara mengumpulkan semua sember berita dan menyimpulkan nya, namun cara ini agak repot karena harus mengunjungi semua situs web tersebut satu-satu.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa orang membiarkan berita tersebut disaring melalui lingkaran sosial seperti Facebook atau twitter. Cara terbaik untuk mengelola sumber berita dalam jumlah besar adalah menggunakan aplikasi agregator RSS seperti Feedly atau Inoreader.

Akses untuk membuka portal berita yang saat ini sering sekali digunakan adalah dengan menggunakan smartphone bahkan bukan hanya untuk itu saja, menggunakan ponsel pintar saat ini sudah bisa untuk berbagai keperluan.

Banyak berbagai aplikasi pembaca berita yang bisa digunakan seperti Google News, Google Play Newsstand, dan Flipboard. Namun kebanyakan sumber berita dari aplikas-aplikasi seperti ini dipilih sendiri oleh pengembang, dan agak susah menambahkan sumber berita sendiri.

Agar Anda bisa memilih sendiri sumber berita yang ingin Anda baca lebih baik Anda mencoba Aplikasi Feedly atau Inoreader, Anda tinggal menambahkan alamat web (URL) situs web atau blog yang ingin Anda pantau, dan Feedly atau Inoreader akan memantaunya.

Perlu Anda ketahui bahwa Aplikasi ini tersedia dalam bentuk layanan web yang tersinkronisasi dengan aplikasi ponsel.

Namun, untuk lebih baiknya Anda mencoba cara ini yaitu dengan mengikuti banyak situs web.
Dengan mengikuti banyak situs web, pasti dalam benak Anda “wah, repot dong gak ada waktu banyak untuk membaca semuanya” bukan begitu???

Tenang saja karena ada cara yang sangat mudah yaitu dengan memanfaatkan aplikasi agregator RSS untuk memilih berita, baik dari judulnya atau juga dari ringkasannya yang akan ditampilkan.

Anda bisa mengirim artikel di agregator RSS ke layanan lain untuk dipilah lebih lanjut. Salah satunya adalah Evernote (bila Anda ingin menjadikannya sebagai sumber catatan) atau Pocket dan Instapaper (untuk dibaca dengan format yang lebih nyaman).

Instapaper misalnya memiliki fitur untuk anotasi, sehingga Anda tidak hanya bisa membaca tetapi juga bisa menambahkan catatan dan komentar pada artikel yang Anda baca.

Sekian update solusinya.



SEMOGA MEMBANTU

0 komentar:

Posting Komentar