Kamis, 14 September 2017

SOLUSI Mengatasi Gelapnya Foto Yang Dihasilkan Kamera Smartphone

02.32 Posted by TechIdea 1 comment
Kemunculan Smartphone sekarang ini sudah semakin canggih, brand-brand terkenal berlomba-lomba untuk menjadi yang paling unggul soal kecanggihan dari brandnya.

Banyak sekali fitur serta dukungan teknologi yang canggih diterapkan dalam karya mereka untuk membuatnya menjadi perangkat yang serba bisa, salah satunya yaitu soal dukungan sensor kamera yang ada dalam Smartphone.

Bahkan kamera smartphone sekarang kebanyakan sudah cukup bisa diandalkan saat memotret benda dnegan dukungan cahaya yang melimpah.

Tapi, saat suasana menjadi redup atau gelap kualitasnya akan menjadi turun karena cahay yang masuk ke dalam sensor kamera lebih sedikit. Faktor yang mempengaruhinya yaitu sensor kamera yang berukuran kecil sehingga cahaya yang masuk pada kamera menjadi sedikit. Namun, walaupun begitu ada beberapa SOLUSI untuk mengatasi masalah yang seperti ini.

Berikut beberapa SOLUSI yang bisa Anda coba untuk mengatasi gelapnya hasil foto yang di dapat oleh kamera smartphone :

Memanfaatkan Lampu Flash LED
Hampir seluruh Smartphone yang ada sekarang pasti memiliki Lampu Flash LED, namun cara ini memiliki kekurangan karena saat kondisi sekitar gelap dan Anda menyalakan cahaya LED maka Foto yang akan dihasilkan akan tampak datar dan pencahayaan yang tidak rata. Sebaiknya cari tempat atau lokasi pemotretan yang masih diterangi oleh cahaya lampu.

Sensivitas Cahaya 

Naikan angka ISO yang bisa ditemukan pada pengaturan kamera smartphone, ketika angka ISO yang Anda gunakan semakin tinggi maka cahaya yang masuk akan semakin bayak, Jika smartphone tidak menyediakan pengaturan ISO, aplikasi seperti Camera FV-5 Lite (Android) atau Pro Camera (iOS) bisa menjadi alternatif.

Kecepatan Rana (Shutter Speed)

Pengaturan kecepatan rana hanya bisa dilakukan dengan smartphone yang telah mendukung pengoperasian secara manual atau mode pro. Sama seperti ISO, shutter speed juga bisa digunakan untuk mengatur cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera.


Demikian Solusi Kali Ini dan Semoga Membantu.

1 komentar: